Login SIKADU
User ID :
Password :
Kalender Kegiatan
Home Profile Sejarah ASM Santa Maria


Sejarah ASM Santa Maria

Article Index
Sejarah ASM Santa Maria
page 2
page 3
page 4
All Pages

Sejarah berdirinya ASM Santa Maria Semarang diawali dengan didirikannya sebuah lembaga pendidikan kejuruan dengan nama Lembaga Pendidikan Kesekretarisan (LPK) Marsudirini Santa Maria yang bernaung di bawah supervisi Pendidikan Luar Sekolah dan Masyarakat (PLSM) Kanwil Depdikbud Jawa Tengah. Pendirian LPK Marsudirini Santa Maria diprakarsai oleh sekelompok orang yang terdiri dari Drs. Robertus Sunartoyo, Drs. Felix Mulyono, Drs. Moses Adisoeryo, Drs. Subur Haditomo dan Drs. A. Maryanto yang mendapat dukungan moril dan materiil dari Sr. M. Louise OSF yang merasa terpanggil untuk menanggapi adanya fenomena semakin sulitnya anak-anak muda lulusan SLTA untuk mendapat pekerjaan sesuai dengan kemampuan mereka sedangkan peluang untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi sangat terbatas karena kurang adanya dukungan dana yang memadai. Secara khusus LPK Marsudirini Santa Maria didirikan karena adanya keprihatinan para pendirinya yang melihat adanya sebagian remaja putri lulusan SLTA yang tidak dapat bekerja pada bidang-bidang yang selaras dengan keprihatinan mereka.


Atas persetujuan Yayasan Marsudirini Pusat di Semarang, secara resmi tanggal 14 Februari 1972 berdiri sebagai lembaga pendidikan kejuruan yang mengkhususkan diri mendidik calon-calon sekretaris dalam pembinaan Yayasan Marsudirini Pusat di Semarang. Pendirian lembaga pendidikan ini kemudian disahkan dengan Surat Keputusan Ijin Nomor 001/A/Kep/KM/a/1977 tertanggal 1 Januari 1977 yang dikeluarkan oleh Pendidikan Luar Sekolah dan Masyarakat (PLSM) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah. Pada tahun pertama lembaga pendidikan ini hanya menampung 14 orang peserta didik, namun seiring dengan bertambahnya usia dan selaras dengan berkembangnya kebutuhan serta kepercayaan masyarakat tehadap kehadiran dan peranan LPK Marsudirini Santa Maria Semarang sebagai lembaga penghasil calom-calon sekretaris yang berkepribadian, maka jumlah peserta didiknya semakin bertambah dari tahun ke tahun.

Direktur LPK Marsudirini Santa Maria Semarang yang pertama. Sr. M. Marcella OSF (1972-1980) telah banyak melakukan upaya agar pada awal berdirinya, lembaga pendidikan ini mampu untuk tetap eksis dengan melakukan berbagai kegiatan pengembangan dan evaluasi. Upaya-upaya tersebut selanjutnya diteruskan oleh direktur yang kedua, yaitu Dra. Sr. M. Ignatine OSF (1980-1987), sehingga pada masa kepemimpinan beliau, lembaga pendidikan ini berubah statusnya dari LPK menjadi Akademi Sekretari Marsudirini Santa Maria Semarang dengan diperolehnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia no. 0395/0/1984 tertanggal 29 agustus 1984 yang menetapkan ASM Santa Maria Semarang sebagai perguruan tinggi swasta yang menyelenggarakan pendidkan program diploma 3 kesekretarisan dengan Status Terdaftar.

 


Untuk tetap dapat memenuhi kebutuhan dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat sebagai lembaga pendidikan tinggi yang mampu menyiapkan calon-calon sekretaris yang berkepribadian bukanlah sebuah tantangan yang ringan. Oleh karena itu, Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (KOPERTIS) wilayah VI Jawa Tengah pun turut memberikan dukungannya terhadap keberadaan ASM Santa Maria Semarang dengan memberikan bantuan 4 (empat) orang dosen Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah yang diperbantukan pada ASM Santa Maria Semarang. Dengan berbagai usaha yang cukup keras, Dra. Sr. M. Paulo OSF (1988-1995), pada tahun 1991 ASM Santa Maria Semarang telah berhasil memperoleh Status Diakui dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan surat keputusan no. 0045 / 0 / 1991 tertanggal 20 agustus 1991.

 

Sadar akan tanggung jawabnya yang semakin besar terhadap masyarakat dan negara, ASM Santa Maria Semarang telah melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimilikinya, diantaranya untuk mengikutsertakan para dosen dalam berbagai penataran dan seminar di bidang proses belajar mengajar (PBM), serta penelitian dan pengabdian masyarakat baik yang diselenggarakan oleh ASM Santa Maria Semarang sendiri maupun oleh PTN dan PTS lain serta oleh Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah serta mengirim para dosen untuk mengikuti studi lanjut pada pasca sarjana.

 



Usaha-usaha untuk mendapatkan pengakuan masyarakat dan pemerintah terus dilanjutkan dengan peningkatan dan penambahan berbagai fasilitas dan laboratorium yang representatif guna mendukung kemampuan calon-claon sekretaris di masa mendatang dan melalui penyusunan kurikulum yang selalu mantap dalam pengabdiannya di bidang pendidikan dengan bertumpu pada Rencana Induk Pengembangan (RIP), Statuta Akademi, Pola Ilmiah Pokok (PIP) ASM Santa Maria Semarang, yaitu “administrasi yang berwawasan lingkungan”.

 

Perjalanan panjang ASM Santa Maria Semarang juga diwarnai dengan tiga lokasi kampus yang berbeda. Pada masa awal berdirinya (1972-1989) lokasi kampus di Jl. Mataram 908 semarang, tepatnya di kompleks SMA Sedes Sapientiae. Selanjutnya pada periode 1990-1994 kampus ASM Santa Maria Semarang menempati lokasi di Jl. Ronggowarsito 8 Semarang dan kemudian pada bulan September 1994, tepatnya tanggal 5 September 1994, ASM Santa Maria Semarang berpindah kampus yang ketiga, yaitu di Jl. Stonen Selatan III/1, Bendan Ngisor, Semarang dengan kampus yang lebih representatif yang berada di puncak bukit Stonen.

 



Setelah melalui perjuangan keras selama 7 (tujuh) tahun akhirnya ASM Santa Maria Semarang di bawah kepemimpinan direktur yang keempat, Dra. Sr. M. Ignatine OSF, berhasil memperoleh status disamakan dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan Surat Keputusan No. 20 / Dikti / Kep /1998 pada tanggal 9 Februari 1998. Status Disamakan merupakan awal pengabdian kepada masyarakat secara “mandiri” seiring dengan perkembangan jaman dan pesatnya kebutuhan tenaga terampil dan profesional. Untuk itu diperlukan kesungguhan dalam karya dan doa yang diberkahi Tuhan.

Sejalan dengan dinamika organisasi, mulai tahun 1999, telah hadir direktur kelima, yaitu Dra. Sr. M. Elisia OSF, yang memiliki komitmen untuk tetap melanjutkan perjuangan yang dilakukan oleh pendahulunya dan ingin selalu berusaha secara maksimal untuk mempertahankan ASM Santa Maria Semarang tetap eksis dalam kancah persaingan yang semakin ketat dan berat.
Tahun 2004 tepatnya 1 Oktober 2004 sampai dengan September 2011 ASM Santa Maria Semarang di bawah kepemimpinan Dra. Sr. M. Imeldi OSF.  
Berkat kerjasama yang baik dari seluruh Civitas Akademika ASM Santa Maria Semarang, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Republik Indonesia (BAN-PT RI) berdasarkan surat keputusan No. 012/BAN-PT/Ak-X/Dpl-III/VIII/2010 tanggal 6 Agustus 2010 menyatakan bahwa Program Studi Diploma III Sekretari ASM Santa Maria Semarang Terakreditasi dengan Peringkat B.

Sejak  1 September 2011 pergantian kepemimpinan Dra. Sr. M. Imeldi OSF., diganti oleh Sr. M. Ancilla Yunit Herminawati, OSF., S.Pd.,MM.

 

 

Search
Login Webmail
User ID :
Password :
Kontak ASM

Akademi Sekretari Marsudirini (ASM)
Santa Maria Semarang
Jl. Stonen Selatan III / 1 Bendan Ngisor
Semarang
Telp. 024 - 8441914
Fax. 024 - 8441913