Login SIKADU
User ID :
Password :
Kalender Kegiatan
Home Penelitian dan Pengabdian


Penelitian dan Pengabdian

Jurnal Kepemimpinan

PENTINGNYA KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN BAGI TENAGA PENGAJAR

oleh Anastasia Lipursari, S.Kom., M.Pd.

 

Abstrak

Tenaga pengajar mempunyai tugas yang sangat penting di dalam melakukan proses pembelajaran harus mampu berpikir kritis, kreatif, inovatif, cakap menyelesaikan masalah, dan mampu mendampingi peserta didik dalam mempersiapkan masa depannya.

Dalam proses pembelajaran tidak selamanya berjalan mulus, sehingga tenaga pengajar selalu berusaha bagaimana materi pembelajaran yang disampaikan dapat dikuasai oleh peserta didik secara tuntas. banyak hal yang mempengaruhi kesulitan tenaga pengajar dalam penyampaian materi dikarenakan peserta didik bukan hanya sebagai individu dengan segala keunikannya, tetapi mereka juga sebagai makhluk sosial dengan latar belakang yang berlainan. Ada tiga aspek yang membedakan mahasiswa yang satu dengan yang lainnya, yaitu aspek intelektual, psikologis dan biologis. Di samping itu keanekaragaman tujuan peserta didik dalam belajar juga mempengaruhi semangat, minat, dan daya juanf mereka dalam proses pembelajaran.

Kepemimpinan merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang tenaga pengajar. banyak model kepemimpinan yang dapat dianut dan diterapkan dalam berbagai organisasi/institusi, baik profit maupun non profit. Namun model kepemimpinan yang cocok untuk diterapkan di lembaga pendidikan adalah kepemimpinan pembelajaran.

Kepemimpinan pembelajaran yang kuat mendukung lembaga pendidikan menjadi efektif. Kepemimpinan pembelajaran mencakup perilaku-perilaku tenaga pengajar dalam merumuskan dan mengkomunikasikan tujuan lembaga pendidikan, memantau, mendampingi, dan memberikan umpan balik dalam pembelajaran, membangun iklim akademik, dan memfasilitasi terjadinya komunikasi dalam lembaga pendidikan.

Tujuan utama kepemimpinan pembelakaran adalah memberikan pelayanan prima kepada semua peserta didik agar mereka mampu mengembangkan potensinya untuk menghadapi masa depan yang belum diketahui dan sarat dengan tantangan-tantangan yang sangat turbulen.

JURNAL STIE SEMARANG, VOL 7, NO 2, Edisi Juni 2015 (ISSN : 2252 - 7826)

 

Jurnal Pengembangan Kepribadian

PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN SEKRETARIS

oleh Dra. V. Naniek Risnawati, M.Pd.

 

Abstrak

Peran sekretaris dalam perusahaan dewasa ini tidak hanya menerapkan fungsi manajemen yang meliputi POAC tetapi dituntut untuk mengembangkan citra perusahaan dengan cara mengatasi kesenjangan pengetahuan dan teknologi yang serba canggih dengan teknologi perilaku (etiket) sumber daya manusia yang saat ini mulai luntur "merosot". Upaya yang dapat dilakukan sekretaris yaitu mengubah citra diri negatif, menjadi positif dengan cara memperhatikan beberapa komponen interpersonal relationship yang meliputi : memiliki rasa keterlibatan (berpartisipasi) dalam setiap kegiatan, tanggung jawab, empati, terbuka dan didukung sikap loyalitas yang tinggi.

JURNAL STIE SEMARANG, VOL 7, NO 2, Edisi Juni 2015 (ISSN : 2252 - 7826)

 

Jurnal MSDM

MENGELOLA WAKTU SECARA PROFESIONAL OLEH SUMBER DAYA MANUSIA

oleh Drs. Bambang Kristianto Wibowo, M.Pd.

 

Abstrak

Seorang pegawai harus mampu membuat manajemen waktu yang baik dan memiliki komitmen serta sikap yang dilandasi rasa tanggung jawab pada tugas maka mereka akan menyelesaikan tugas atau pekerjaannya karena merasa terikat pada penyelesaian tugas tersebut, bukan karena terikat pada norma-norma formal, sehingga apabila tidak menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya, mereka akan merasa bersalah dan bukannya takut pada sanksi. Untuk itu pegawai harus melatih diri untuk menjadi pegawai yang penuh tanggung jawab, yang mampu bekerja mandiri, bekerja tanpa pengawasan, bahkan dituntut untuk mampu mengawasi dirinya sendiri. Untuk itu harus memperhatikan aturan-aturan dalam manejemen waktu yang baik, yaitu: jangan menangguhkan, lacak aktifitas anda, berkonsentrasi pada hasil, ingat prinsip 80/20, gunakan waktu perjalanan dengan bijaksana, bangun rancangan aksi, merespon dengan cepat, bersikap tegas, jadwalkan waktu untuk santai.

Bagi seorang pegawai, waktu adalah sumber daya langka, sehingga harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Dengan segala kesibukan yang dimilikinya manajemen waktu yang baik dan benar mampu membuat keseimbangan hidup bagi pegawai baik di kantor, masyarakat dan keluarga.

JURNAL STIE SEMARANG, VOL 7, NO 2, Edisi Juni 2015 (ISSN : 2252 - 7826)

 

Buku Ajar Pengembangan Diri

Sekretaris dituntut untuk tidak hanya mampu mengembangkan pengetahuannya (knowledge) saja, akan tetapi juga pada kepribadiannya (personality). Dra. V. Naniek Risnawati, M.Pd., salah satu dosen Akademi Sekretari Marsudirini (ASM) Santa Maria Semarang, melalui buku ajar "Pengembangan Diri" menekankan pentingnya pengembangan kepribadian pada sekretaris. Buku ini disusun khusus untuk calon-calon sekretaris agar nantinya mampu menghadapi pertumbuhan dan perkembangan tata nilai yang sudah luntur karena kemajuan jaman.

Buku pengembangan kepribadian sekretaris ini disusun berdasarkan pengamatan, pengalaman mendidik dan mengajar mahasiswa ASM sebagai calon-calon sekretaris profesional dan berkepribadian serta beriman.

 


Search
Login Webmail
User ID :
Password :
Kontak ASM

Akademi Sekretari Marsudirini (ASM)
Santa Maria Semarang
Jl. Stonen Selatan III / 1 Bendan Ngisor
Semarang
Telp. 024 - 8441914
Fax. 024 - 8441913